Walau kami orang Pinggiran Tapi Pengetahuan Kami Mendunia

Rabu, 30 Maret 2011

Jerome Bruner dan proses pendidikan

Jerome Bruner telah memberikan kontribusi yang besar bagi apresiasi kita terhadap proses pendidikan dan perkembangan teori kurikulum. Kami mengeksplorasi karyanya dan menarik beberapa pelajaran penting bagi para pendidik informal dan mereka yang peduli dengan praktik belajar sepanjang hayat.

Hal ini pasti terjadi bahwa sekolah hanya satu bagian kecil dari bagaimana budaya inducts kaum muda menjadi cara kanonik nya. Memang, sekolah bahkan mungkin bertentangan dengan's lainnya cara budaya dari inducting kaum muda ke dalam persyaratan hidup komunal .... Apa yang telah menjadi semakin jelas ... adalah pendidikan yang tidak hanya tentang hal-hal sekolah konvensional seperti kurikulum atau standar atau pengujian. Apa yang kita memutuskan untuk melakukannya di sekolah hanya masuk akal bila dianggap dalam konteks yang lebih luas dari apa yang masyarakat bermaksud untuk menyelesaikan melalui investasi pendidikan dalam muda.Bagaimana satu conceives pendidikan, kita akhirnya datang untuk mengenali, merupakan fungsi dari bagaimana satu conceives budaya dan tujuannya, mengaku dan sebaliknya. (Jerome S. Bruner 1996: ix-x)
Jerome S. Bruner (1915 -) adalah salah satu yang dikenal dan berpengaruh psikolog terbaik abad kedua puluh. Dia adalah salah satu tokoh kunci dalam revolusi 'jadi' yang disebut kognitif - tetapi bidang pendidikan yang pengaruhnya telah terutama terasa.Buku-bukunya Proses Pendidikan dan Menuju Teori Instruksi telah banyak dibaca dan menjadi dikenal sebagai klasik, dan karyanya pada program studi sosial - Man: A Course of Study (MacOS) - pada pertengahan 1960-an merupakan salah satu bangunan di pengembangan kurikulum. Baru-baru ini Bruner telah datang untuk menjadi kritis dari 'revolusi kognitif dan telah melihat ke gedung psikologi budaya yang mempertimbangkan yang tepat dari konteks historis dan sosial peserta. Dalam bukunya 1996 Budaya Pendidikan argumen ini dikembangkan sehubungan dengan sekolah (dan pendidikan lebih umum). 'Bagaimana seseorang conceives pendidikan ", ia menulis," kita akhirnya datang untuk mengenali, merupakan fungsi dari bagaimana satu conceives budaya dan tujuan-tujuannya, mengaku dan sebaliknya' (Bruner 1996: ix-x).
Jerome S. Bruner - hidup
Bruner dilahirkan di New York City dan kemudian dididik di Duke University dan Harvard (dari mana ia dianugerahi gelar PhD pada tahun 1947). Selama Perang Dunia II, Bruner bekerja sebagai seorang psikolog sosial menjelajahi propaganda opini publik dan sikap sosial untuk intelijen Angkatan Darat Amerika Serikat. Setelah memperoleh gelar PhD ia menjadi anggota fakultas, menjabat sebagai profesor psikologi, serta mitra pendiri dan direktur Pusat Studi Kognitif. 
Awal tahun 1940-an, persepsi pengaruh ('set mental' atau) Jerome Bruner, bersama dengan Leo Postman, bekerja pada cara di mana kebutuhan, motivasi, dan harapan.Kadang-kadang dijuluki sebagai 'New Look', mereka mengeksplorasi persepsi dari orientasi fungsional (sebagai terhadap suatu proses untuk memisahkan dari dunia sekitarnya). Selain karya ini, Bruner mulai melihat peran strategi dalam proses kategorisasi manusia, dan lebih umum, perkembangan kognisi manusia. Perhatian dengan psikologi kognitif menyebabkan kepentingan tertentu dalam perkembangan kognitif anak-anak (dan mode mereka representasi) dan apa bentuk yang sesuai tentang pendidikan mungkin.
Dari akhir 1950-an pada Jerome Bruner menjadi tertarik pada sekolah di Amerika Serikat - dan diundang untuk memimpin pertemuan hari berpengaruh sepuluh ulama dan pendidik di Woods Hole di Cape Cod tahun 1959 (di bawah naungan National Academy of Sciences dan Nasional Science Foundation). Salah satu hasilnya adalah buku Bruner's tengara Proses Pendidikan (1960). Ini mengembangkan beberapa tema kunci dari pertemuan itu dan merupakan faktor penting dalam pembentukan berbagai program pendidikan dan percobaan pada 1960-an. Jerome Bruner kemudian bergabung dengan sejumlah panel kunci dan komite (termasuk Presiden Panel Penasehat Pendidikan). Pada tahun 1963, ia menerima Distinguished Scientific Award dari American Psychological Association, dan pada tahun 1965 ia menjabat sebagai presiden. 
Jerome S. Bruner juga menjadi terlibat dalam desain dan pelaksanaan proyek MacOS berpengaruh (yang berusaha untuk menghasilkan gambar kurikulum yang komprehensif pada ilmu-ilmu perilaku). Kurikulum terkenal bertujuan untuk mengatasi tiga pertanyaan:
Apa yang unik manusia tentang makhluk manusia?
Bagaimana mereka bisa seperti itu?
Bagaimana mereka bisa dibuat lebih begitu? (Bruner 1976: 74)
Proyek ini melibatkan sejumlah peneliti muda, termasuk Howard Gardner , yang kemudian telah membuat dampak pada pemikiran pendidikan dan praktek. MacOS diserang oleh konservatif (khususnya sifat lintas-budaya materi). Itu juga sulit untuk menerapkan - membutuhkan tingkat kecanggihan dan belajar pada bagian dari guru, dan kemampuan dan motivasi pada bagian mahasiswa. Gelombang pendidikan sudah mulai pindah dari pemikir liberal dan progresif lebih seperti Jerome Bruner. 
Pada tahun 1960 Jerome Bruner mengembangkan teori pertumbuhan kognitif.Pendekatan-Nya (berbeda dengan Piaget) memandang dan pengalaman faktor lingkungan. Bruner menyarankan bahwa kemampuan intelektual yang dikembangkan secara bertahap melalui langkah-demi-langkah perubahan dalam cara pikiran digunakan. berpikir Bruner menjadi semakin dipengaruhi oleh para penulis seperti Lev Vygotsky dan ia mulai bersikap kritis terhadap fokus intrapersonal ia telah diambil, dan kurangnya perhatian pada konteks sosial dan politik. Pada awal 1970-an Bruner meninggalkan Harvard untuk mengajar selama beberapa tahun di universitas Oxford. Di sana ia melanjutkan penelitian ke dalam pertanyaan badan pada bayi dan memulai serangkaian eksplorasi berbahasa anak-anak. Dia kembali ke Harvard sebagai dosen tamu pada tahun 1979 dan kemudian, dua tahun kemudian, bergabung sebagai staf pengajar di Sekolah baru untuk Penelitian Sosial di New York City. Ia menjadi kritis dari 'revolusi kognitif' dan mulai berdebat untuk membangun sebuah psikologi budaya. "Ini budaya 'gilirannya kemudian tercermin dalam karyanya tentang pendidikan - terutama dalam bukunya 1996: The Budaya Pendidikan 
Proses pendidikan
Proses Pendidikan (1960) adalah seorang teks tengara. Ini berdampak langsung terhadap pembentukan kebijakan di Amerika Serikat dan mempengaruhi pemikiran dan orientasi kelompok luas guru dan cendekiawan, melihat Its anak-anak sebagai pemecah-masalah aktif yang siap menjelajahi 'sulit' subyek sementara berada di luar langkah dengan pandangan yang dominan dalam bidang pendidikan di waktu itu, melanda akord dengan banyak. "Ini adalah kejutan ', Jerome Bruner kemudian untuk menulis (dalam kata pengantar untuk edisi 1977), bahwa sebuah buku sehingga strukturalis menyatakan pandangan pengetahuan dan begitu intuisionis suatu pendekatan terhadap proses mengetahui harus menarik begitu banyak perhatian di Amerika , di mana empirisme telah lama suara dominan dan teorinya 'penguat' belajar '( ibid. : vii).
Empat tema kunci muncul keluar dari pekerjaan di sekitar Proses Pendidikan (1960: 11-16):
Peran struktur dalam pembelajaran dan bagaimana hal itu dapat dilakukan pusat dalam mengajar . Pendekatan yang dilakukan harus menjadi satu praktis. 'The pengajaran dan pembelajaran struktur, bukan sekedar penguasaan fakta dan teknik, adalah pusat dari masalah klasik transfer ... Jika belajar sebelumnya adalah untuk membuat kemudian belajar lebih mudah, maka harus melakukannya dengan memberikan gambaran umum dalam hal mana hubungan antara hal-hal yang dihadapi sebelumnya dan kemudian dibuat sejelas mungkin '( ibid 12.:).
Kesiapan untuk belajar . Berikut argumen adalah bahwa sekolah telah menyia-nyiakan banyak waktunya orang dengan menunda pengajaran bidang penting karena mereka dianggap 'terlalu sulit'. 
Kita mulai dengan hipotesis bahwa subjek apapun dapat diajarkan secara efektif dalam beberapa bentuk intelektual jujur ​​untuk setiap anak pada setiap tahap pembangunan. ( ibid. : 33)
Gagasan ini mendasari ide tentang kurikulum spiral - 'Sebuah kurikulum sebagaimana seharusnya mengembangkan kembali ide dasar ini berulang kali, bangunan atas mereka sampai mahasiswa tersebut telah menangkap aparat formal penuh yang berlangsung dengan mereka "( ibid. : 13).
Berpikir intuitif dan analitis . Intuisi ('teknik intelektual setelah tiba dan masuk akal tetapi formulasi tentatif tanpa melalui langkah-langkah analitis dengan mana formulasi tersebut akan ditemukan kesimpulan yang valid atau tidak valid' ibid. : 13) adalah fitur penting diabaikan namun banyak berpikir produktif. Berikut Bruner mencatat bagaimana para ahli di berbagai bidang muncul 'untuk melompat intuitif menjadi keputusan atau solusi untuk masalah' ( ibid. : 62) - fenomena yang Donald Schön adalah untuk menjelajahi beberapa tahun kemudian - dan melihat bagaimana guru dan sekolah mungkin menciptakan kondisi untuk intuisi untuk berkembang.  
Motif untuk belajar . 'Idealnya', Jerome Bruner menulis, kepentingan material yang akan dipelajari adalah stimulus terbaik untuk belajar, bukan tujuan eksternal seperti nilai atau lambat keuntungan kompetitif '( ibid. : 14). Dalam usia spectatorship meningkat, 'motif untuk belajar harus dijaga dari pergi pasif ... mereka harus didasarkan sebanyak mungkin pada gairah kepentingan dalam apa yang ada dipelajari, dan mereka harus tetap luas dan beragam dalam ekspresi '( ibid. : 80). 
Bruner adalah untuk menulis 'dua' postscripts untuk Proses Pendidikan : Menuju teori instruksi (1966) dan Relevansi Pendidikan (1971). Dalam buku-buku ini Bruner 'berkembang mengajukan ide-idenya tentang cara-cara di mana instruksi benar-benar mempengaruhi model mental dari dunia bahwa siswa membangun, menguraikan dan mengubah' (Gardner 2001: 93). Dalam buku pertama kesepakatan berbagai esai dengan hal-hal seperti pola pertumbuhan, keinginan untuk belajar, dan tentang cara membuat dan menilai (termasuk beberapa bahan membantu sekitar evaluasi). Dua esai adalah kepentingan tertentu - refleksi tentang MacOS (lihat di atas), dan 'dia' catatan pada teori instruksi. Esai terakhir membuat kasus untuk mengambil ke pertanyaan rekening predisposisi, struktur, urutan, dan memperkuat dalam penyusunan kurikulum dan program. Ia membuat kasus untuk pendidikan sebagai proses pengetahuan-mendapatkan:
Untuk mengajar seseorang ... bukanlah masalah mendapatkan dia untuk melakukan hasil ke pikiran. Sebaliknya, itu adalah untuk mengajar dia untuk berpartisipasi dalam proses yang memungkinkan pembentukan pengetahuan.Kami mengajarkan subjek tidak untuk menghasilkan perpustakaan hidup kecil tentang hal itu, melainkan untuk mendapatkan siswa untuk berpikir secara matematis bagi dirinya sendiri, untuk mempertimbangkan hal-hal sebagai sejarawan yang tidak, untuk mengambil bagian dalam proses mendapatkan pengetahuan. Mengetahui adalah sebuah proses bukan sebuah produk. (1966: 72)
Esai-esai dalam Relevansi Pendidikan (1971) menerapkan teori untuk perkembangan bayi.
Budaya pendidikan
Jerome Bruner's refleksi pendidikan di Budaya Pendidikan (1996) menunjukkan dampak dari perubahan dalam pemikiran sejak 1960-an. Dia sekarang ditempatkan karyanya menyeluruh dalam apresiasi budaya: budaya 'bentuk pikiran ... menyediakan kami dengan toolkit yang kita membangun tidak hanya dunia kita tetapi konsepsi sangat kami diri kita dan kekuatan kita "( ibid. : x). Orientasi 'mengandaikan bahwa aktivitas mental manusia bukan solo atau dilakukan tanpa bantuan, bahkan ketika ia pergi pada "di dalam kepala" ( ibid. : xi). Ini juga membutuhkan Bruner jauh melampaui batas-batas sekolah.
Kesimpulan
S. Bruner telah memiliki pengaruh besar pada pendidikan - dan atas orang-orang peneliti dan mahasiswa dia telah bekerja dengan. Jerome Howard Gardner telah berkomentar:
Jerome Bruner bukan hanya salah satu pemikir pendidikan terkemuka zaman, ia juga merupakan pelajar terinspirasi dan guru. rasa ingin tahu menular Nya menginspirasi semua orang yang tidak sepenuhnya letih.Individu dari setiap umur dan latar belakang diundang untuk bergabung masuk analisis logis, disertasi teknis, pengetahuan yang kaya dan luas materi yang beragam, selain ke orbit yang lebih luas informasi, lompatan intuitif, teka-teki hamil mencurahkan dari mulut tak kenal lelah dan pena. Dalam kata-katanya, 'kegiatan intelektual adalah di mana saja dan di mana-mana, baik di perbatasan pengetahuan atau di kelas kelas tiga'. Untuk mereka yang tahu dia, Bruner tetap Pendidik Compleat dalam daging ... (Gardner 2001: 94)
Harus diselesaikan
Bacaan lebih lanjut dan referensi
Bruner, J (1960) Proses Pendidikan , Cambridge, Mass: Harvard University Press. 97 + xxvi halaman. Benar diakui sebagai abad kedua puluh 'pendidikan' klasik, buku ini berpendapat bahwa sekolah dan kurikulum harus dibangun untuk mendorong 'intuitif' graspings. Bruner membuat kasus untuk 'spiral' kurikulum. Edisi kedua, 1977, telah baru kata pengantar aa yang reassesses buku. 
Bruner, JS (1966) Menuju Teori Instruksi , Cambridge, Mass: Belkapp Press. 176 + x halaman.
Bruner, JS (1971) Relevansi Pendidikan , New York: Norton. Dalam buku ini teori Bruner diterapkan untuk perkembangan bayi.
Bruner, J. (1996) Budaya Pendidikan , Cambridge, Mass: Harvard University Press. 224 + xvi halaman.
Referensi
Bruner, J. (1973) Going Beyond Informasi Mengingat , New York: Norton.
Bruner, J. (1983) 's Talk Anak: Belajar Gunakan Bahasa, New York: Norton.
Bruner, J. (1986) Minds aktual, Worlds Kemungkinan , Cambridge, MA: Harvard University Press.
Bruner, J. (1990) Kisah Makna Cambridge, MA: Harvard University Press.
Bruner, J., Goodnow, J., & Austin, A. (1956) Sebuah Kajian Berpikir, New York: Wiley.
Gardner, H. (2001) 'Jerome S. Bruner' di JA Palmer (ed.) Fifty Modern Thinkers tentang Pendidikan. Dari Piaget hingga saat ini , London: Routledge.
Link

Untuk mengutip artikel ini : Smith, MK (2002) 'Jerome S. Bruner dan proses pendidikan', ensiklopedia pendidikan informal http://www.infed.org/thinkers/bruner.htm.
© Mark K. Smith 2002
about the encyclopaedia of informal education




Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pengikut