Walau kami orang Pinggiran Tapi Pengetahuan Kami Mendunia

Kamis, 16 Desember 2010

Manfaat Puasa Asyura

Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh
Saya mau bertanya, apakah manfaatnya orang berpuasa Asyura? Dan apakah benar orang yang berpuasa Asyura itu dosanya setahun yang lalu diampuni?

Jawab:
Wa’alaikum salam warahmatullahi wabarakatuh

Puasa asyura adalah salah satu ibadah yang dianjurkan oleh Rasulllah saw.

عَنِ ابْنِ عَبَّاسٍ قَالَ أَمَرَ رَسُولُ اللَّهِ صلى الله عليه وسلم بِصَوْمِ عَاشُورَاءَ يَوْمَ الْعَاشِرِ

Dari Ibnu Abbas ra, Rasulullah saw memerintahkan untuk berpuasa Asyura, yaitu hari yang kesepuluh (HR at-Tirmidzi, dan beliau mengatakan, hadis ini hasan shahih)

Orang beribadah itu hendaklah ikhlas, karena Allah. Islam mengajarkan agar ibadah dilakukan dengan keikhlasan, bukan mengharap balasan dunia. Berbeda dengan ibadah kaum non-Islam, yang sering berorientasi pada kehidupan dunia. Dunia ini bisa pangkat, harta, atau sekedar ketenangan jiwa.

Memang terkadang, ibadah yang dilakukan oleh umat islam itu membawa dampak di dunia, seperti banyak mengingat Allah, akan menenteramkan hati. Penetapan ini pun berdasarkan al-Qur’an. Tetapi tidak seharusnya umat islam beribadah dengan orientasi dunia.

Karena itulah, orientasi dalam berpuasa Asyura pun juga harus berorientasi pada balasan Allah. Namun jika kita hendak merincikan hikmah dari puasa Asyura itu, ada beberapahikmah yang bisa kita sebut, antara lain adalah;

1- Mentaati Nabi saw sebagaimana perintah yang sudah disebutkan di atas.

2- Mendekatkan diri kita kepada Allah, dengan melakukan suatu ibadah.

3- Mendapatkan ampunan terhadap dosa-dosa yang kita lakukan setahun yang telah lalu.

Dasar penetapan bahwa puasa Asyura dapat menghapuskan dosa adalah dari hadis Rasulullah saw, ketika beliau ditanya entang puasa Asyura, lalu beliau menjawab

يكفر السنة الماضية

”Puasa Asyura akan menghapus dosa setahun yang lalu” (HR at-tirmidzi, an-Nasa’i, dan Ibnu Majah)

Hadis ini adalah hadis shahih, sebagaimana yang telah diungkapkan oleh Syaikh al-Albani di dalam kitab Irwa’ al-Ghalil. Beliau menyatakan bahwa semua rijalnya adalah rijal yang tsiqah (terpercaya). Karena itu hadis ini bisa dipercaya kebenaran orang yang mengatakan bahwa puasa Asyura dapat menghapus dosa setahun yang lalu.

http://abahzacky.wordpress.com/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pengikut