Walau kami orang Pinggiran Tapi Pengetahuan Kami Mendunia

Jumat, 23 Januari 2009

Samsudin Jupri

Samsudin Jupri dilahirkan di Blitar tanggal ... April 1987 tepatnya di dusun Sukosari RT 01 RW 01 Desa Gadungan Kecamatan Gandusari Kabupaten Blitar, merupakan anak keenam dari enam bersaudara dari pasangan H. Imam Suhadi dan Hj. Mistingah. Pendidikan kanak-kanak dan Madrasah Ibtidaiyah ditempuh di desanya, ketika Madrasah Ibtidaiyah ia tiap hari harus berjalan kaki satu kilometer menuju kesekolahnya melewati hamparan sawah hijau dan sungai yang bening airnya. Ia paling suka berpetualang menjelajahi alam pegunungan didaerahnya untuk melihat keindahan kebesaran sang Robbul Izzati. Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah (MI) diselesaikan pada Tahun 1999, kemudian melanjutkan ke Madrasah Tsanawiyah (MTs) Negeri Gandusari di Sukoreno dan diselesaikan pada tahun 2002. Ketika itulah ia mulai aktif dalam OSIS dan ia juga mengikuti ekstra kurikuler Drum Band yang menjuarai lomba beberapa festival salah satunya juara umum di Universitas Muhammadiyah Malang, ditahun yang sama ia melanjutkan ke SMKN 1 Blitar, ia aktif dalam OSIS namun ia lebih bersemangat dalam organisasi IPNU di Gandusari sampai masuk ke struktur kepengurusan mulai dari ketua Sub ranting sampai Kabupaten, ia juga aktif dalam pencak silat Pagar Nusa di kabupaten Blitar. Pendidikan di SMKN 1 Blitar diselesaikan pada Tahun 2005, ditahun yang sama ia mengikuti tes Seleksi Sendiri dan diterima di Jurusan Pendidikan Teknik Mesin Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang.
Sejak awal di Kampus UM, ia aktif di organisasi mahasiswa. Ia lebih memilih organisasi bernafaskan islami. Mulai dari organisasi ekstra kampus di PMII (Pergerakan mahasiswa Islam Indonesia) Rayon Teknik, selain itu ia juga aktif di lembaga kerohaniaan fakultas (LDF) Forum Ukhuwah dan Studi Islam (FUSI) Fakultas Teknik universitas negeri malang. Ketika disini lah banyak sekali pengalaman yang didapat mulai menjabat ketua Humas periode 2005-2006 dan ketua Syiar periode 2006-2007. dan pada saat itulah ia menjadi ketua pelaksana Seminar Nasional yang dihadiri bapak wakil ketua MPR AM Fatwa. Disaat yang sama ia juga terpilih menjadi Gus IPNU periode 2007 Kecamatan Gandusari sebagai Duta Pengkaderan, Amanah inilah yang menjadi titik awal ia mulai melebarkan langkah pengabdianya pada masyarakat, mulai mengusahakan paket C untuk adik-adik yang putus sekolah menengah pertama didaerahnya, sampai kerjasama dalam jual pulsa, usaha ternak ayam dan kelinci walau masih dalam skala kecil dengan sistem bagi hasil. Ia juga merilis usaha menanam buah belimbing bangkok merah dan kopi coklat dikebunnya sampai sekarang.
Kedepan ia ingin menjadi seorang investor dan pengusaha. Untuk jangka pendek ia berkeinginan dan berniat memiliki sebuah studio radio dan tempat penyablonan sehingga ia bisa membantu perekonomian para pemuda didaerahnya. Untuk jangka panjang, investor dan pengusahalah menjadi cita2nya.
Detik demi detik ia jalani dengan tebaran senyuman dan rasa syukur Alhamdulillah dengan selalu mengharap ridhoNYA. Karena sungguh kehidupan ini sangat fana, tiada yang kekal abadi, hanya dengan ikhtiyar dan doalah kita menjalani kehidupan ini sepatutnya.
”Ya Allah yang maha pengasih dan maha penyayang, Sungguh hambamu ini benar-benar lemah maka kuatkanlah. Sungguh hambamu ini benar-benar hina maka mulyakanlah, sungguh hambamu ini benar-benar fakir maka kayakanlah, hanya kepadaMu lah kami menyembah dan kepadaMu lah kami memohon dan mengadu”

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pengikut