Walau kami orang Pinggiran Tapi Pengetahuan Kami Mendunia

Senin, 12 September 2011

CATIA General Information (Berbagi dan menyebarkan ilmu)

CATIA (Computer Aided Three Dimensional Interactive Application) adalah software multi-platform,CAD yang berfungsi dalam melakukan disain, CAE yang berfungsi dalam melakukan rekayasa disain dan CAM yang berfungsi untuk proses manufacturing. Software ini dikembangkan oleh Dassault Systemes yang berasal dari Perancis dan dipasarkan oleh IBM, namun sayangnya sejak tahun 2008 untuk penjualan CATIA di Indonesia dilakukan langsung oleh Dassault Systemes melalui Business Partner-nya. Dengan kelebihannya sebagai software yang multi-paltform, CATIA sangat memanjakan penggunanya sehingga hanya dengan satu software sudah dapat melakukan desain, analisa, dan desain proses manufacturing sampai simulasinya.
Software yang mulai digunakan secara komersial sejak pada tahun 1981 saat ini setidaknya telah digunakan oleh 80.000 perusahaan di 80 negara dengan proporsi industri automotif sebesar 33%, aerospace (16%), alat elektronik dan konsumen (13%), fabrikasi dan assembly (34%) serta pabrik dan kapal (4%).
Kelebihan CATIA V5 adalah mampu mengkombinasikan antara desain solid, wire-frame, sketch, modul dalam satu jendela windows yang disebut dengan hybrid desain. CATIA V5 juga sangat memanjakan pengguna windows, karena software ini dikembangkan dengan cara penggunaan sama dengan windows environment seperti untuk melakukan perintah cut, copy, paste, drag and drop dan lain sebagainya.
GAMBARAN UMUM MENDESAIN DENGAN CATIA (Modeling Dengan CATIA)
1. Dapat mengkombinasikan antara titik, garis, surface model , solid model termasuk hibryd modeling.
Gambar X.1 : Hibryd Desain

2. Langkah – langkah pendesainan dan parameter digunakan saat proses pembuatan model dan parameter yang telah dibuat dapat dengan mudah
dirubah sehingga fungsi ini disebut fungsi parametric.

Gambar X.2 : Fungsi Parametrik

MENGOPERASIKAN CATIA V5

MEMULAI CATIA
Ada beberapa cara untuk memulai penggunaan CATIA V5. Cara yang digunakan oleh pengguna biasa dan administrator tentunya berbeda, untuk pengguna biasa berikut cara memulainya, ada beberapa pilihan dalam memulai, yaitu :
1. Klik ganda icon CATIA V5RXX yang di desktop.
2. Pada Start Menu, Pilih Start à Programs à CATIA à CATIA V5RXX.
3. Pada Start Menu, Pilih run… ketik cnext atau cnext.exe lalu klik OK.
Sedangkan untuk administrator, cara yang digunakan adalah dengan memilih run pada Start Menu à run… à ketik cnext-admin à OK.

MENGAKHIRI CATIA
Untuk mengakhiri penggunaan CATIA V5 jangan lupa melakukan penyimpanan terlebih dahulu terhadap data yang kita buat dengan menggunakan save, save as atau save management. Lalu kita dapat memilih Menu à File à Exit

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pengikut